Sabtu, 09 Mei 2015

Menara Eiffel, Paris











Menara Eiffel sebetulnya dibangun sebagai gerbang l’Exposition Universelle 1889, sebuah World’s Fair yang bertepatan dengan 100 tahun Revolusi Perancis. Meskipun kecaman dan protes yang keras dari penduduk Paris dan kalangan intelektual proses pembangunan Menara Eiffel tetap dilakukan mulai dari 1887 hingga 1889.Menara ini diresmikan 31 Maret 1889 dengan bendera berkibar di puncaknya.
dan dibuka untuk umum pada 6 Mei pada tahun yang sama.Biro perencana Eiffel membuat 5 300 gambar detail dari 18 000 potong bagian berbeda.Besi baja dikaitkan dalam bentuk persilangan dari 18.038 biji yang diperkuat dengan 2.500.000 paku. Kerangka karya Tuan Gustave Eiffel ini tahan angin, walaupun bahannya dari besi dan berat menara hanya 7.300 ton.
namun segala kemegahan yang dimiliki oleh Menara Eiffel ini, terdapat kisah tragis yang menimpa Franz Reichelt yang merupakan penemu parasut. Kejadian tersebut berawal ketika is ingin menguji parasut penemuannya tersebut dengan terjun dari menara pada lantai 3 yang tigginya 276 meter. api sayang sekali, nasib tragis menimpa Frans Reichelt. Ia terjatuh di tanah yang pada saat itu sedang diselimuti oleh salju, ia sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat, namun sayang sekali nyawanya tidak tertolong.
Sebelumnya seorang sahabat dari Frans sudah mengingatkannya untuk tidak melakukan uji coba tersebut, bahkan pihak yang memiliki otoritas disana juga sudah tidak mengizinkannya, tapi ia tetap saja bersikeras ingin melakukannya.
Apa mau dikata? nasi sudah jadi bubur, tetapi yang jelas pengorbanan dari uji coba Frans ini tidak sia-sia karena akhirnya rancangan parasut dari frans dikembangkan menjadi baju parasut yang sampai saat ini dipakai oleh para pilot dan awak pesawat.
Kisah tragis lainnya adalah pada saat zaman perang dunia II. Ketika Adolf Hitler, NAZI, Perancis ingin menaiki Menara Eiffel untuk melihat pemandangan sekitar, lift di menara tersebut terputus karena dipotong oleh tentara Perancis. Menurut kabarnya, Hitler nekat untuk memanjat menara hingga sampai di puncaknya.


http://inikeramat.com/cerita-horor/keindahan-menara-eifel-dengan-kisah-tragisnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar