Sabtu, 02 Mei 2015

Genting Apit, Belitung




















Anda-anda semua yang pernah mengunjungi Belitung tentu tahu akan sebuah tempat yang benama Genting Apit. Genting Apit merupakan sebuah bukit yang dibelah oleh jalan untuk menuju ke Kota Manggar dari Kota Tanjungpandan dan sebaliknya. Area ini dinamakan Jalan Tengah! Genting Apit merupakan jalan dengan tikungan berbahaya yang dibuat dengan membentuk seperti huruf “S”! Genting Apit ini bisa anda temukan saat anda sudah setengah perjalanan menuju Kota Manggar dari Kota Tanjungpanan. Area ini juga dinamai Hutan Genting Apit.

Genting Apit sangat terkenal sekali di Belitung. Bukan hanya dikenal dengan tikungan mautnya, namun juga terkenal dengan segala keangkerannya. Saya pikir masyarakat Belitung sepakat mengatakan bahwa Genting Apit adalah salah satu tempat berbahaya, angker serta misterius yang ada di Belitung, Negeri Laskar Pelangi.
Sudah tidak terhitung jumlah kecelakaan yang berujung maut pada tikungan Genting Apit ini. Sedangkan menurut beberapa kesaksian mata yang selamat dari kematian akibat kecelakaan tersebut, mereka mengatakan konsentrasi berkendara tiba-tiba buyar karena melihat sosok anomali penampakan mahluk adikodrati. Sejatinya, tikungan genting Apit ini memang sangat berbahaya, karena siapa pun yang berkendara disana, tidak bisa langsung melihat kendaran yang ada dihadapannya karena tikungan seperti yang sudah saya katakan diatas, membentuk huruf “S”!
Anomali penampakan mahluk adikodrati yang sering dilihat oleh orang-orang yang melewati tikungan maut nan angker Genting Apit adalah mahluk sejenis babi yang besarnya bisa melebihi seokor kerbau. Bagi masyarakat Belitung, mahluk adikodrati ini disebut dengan nama LIMPAI! Limpai ini, kalau muncul sering berkelompok. Pertanda kemunculan Limpai ini selalu dimulai dengan tiupan angin kencang atau angin ribut yang ganjil atau agin ribut yang tidak lazim dari biasanya.
Jujur saja, hampir satu minggu sekali saya melewati tikungan maut Genting Apit ini. Bukannya tidak ada rute lain, akan tetapi rute ini merupakan akses paling dekat jika kita ingin bolak balik Manggar – Tanjungpandan dan sebaliknya. Meski sudah tahu akan mautnya tikungan ini dan image angkernya, namun hingga detik ini saya belum pernah menjumpai anomaly penampakan mahluk adikodrati tersebut.


http://kodzan.blogspot.com/2011/01/genting-apit-belitung-tikungan-angker.html#.VUTG3Ngymho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar