Kamis, 30 April 2015

Museum Brawijaya, Malang




















Museum perang kemerdekaan terlengkap ada di Indonesia, tepatnya di Museum Brawijaya Jalan Ijen 25 Malang. Museum Brawijaya  merupakan salah satu trip wisata sejarah yang ada di Malang. Tidak hanya bangunannya yang menjadi saksi sejarah Indonesia tapi juga didalamnya menyimpan banyak barang-barang sejarah yang menjadi bukti perjuangan para pejuang di masa lampau.
Museum ini diresmikan pada tanggal 4 Mei 1968 oleh Kolonel Pur. Dr. Soewondo. Museum ini mempunyai semboyan “CITRA UTHAPANA CAKRA” yang mengandung arti ‘sinar yang membangkitkan kekuatan’.
Ada banyak koleksi benda-benda bersejarah di dalam museum ini dua diantaranya berada di halaman tengah yakni "Gerbong Maut" dan "Perahu Segigir". "Gerbong Maut" yang paling terkenal dengan spot yang cukup mistis dan angker. Sering terjadi penampakan di sini salah satunya siswa SMP yang pernah foto di koleksi ini. Terlihat penampakan sesosok perempuan di belakangnya tepatnya di dalam gerbong ini. Lokasi museum ini ada di Jl. Ijen no 25 A, berada di jalan besar Ijen Boulevard. Museum ini banyak menyimpan benda-benda yang bernilai sejarah tinggi dan benda yang menjadi saksi kejahatan yang tidak manusiawi.
Beberapa kejadian aneh di dalam dan sekitar Museum Brawijaya. Konon, sebuah trem pada malam hari terlihat melintas dan berhenti di Museum Brawijaya (cerita dari masyarakat Sukun, Malang)
dan pernah juga menjadi tempat uji nyali di Masih Dunia Lain, Senapan yang bergerak sendiri, mesin telegram yang tiba-tiba berbunyi padahal rusak dan gak ada kabelnya dan kejadian aneh yang lain Gerbong Maut juga salah satu koleksi Museum Brawijaya
Gerbong digunakan oleh militer belanda untuk mengangkut 100 orang tawanan pejuang-pejuang indonesia, dari penjara bondowoso pindah ke tempat tahanan bubutan surabaya tgl 23-11-1947. Karena di perjalanan pintu2 ditutup/kunci mengakibatkan 46 orang meninggal, 11 sakit parah, 31 sakit, dan hanya 12 yg mampu bertahan sehat. Penjaga mengatakan setiap malam, selalu terdengar bunyi gaduh dan orang yang menangis dan berteriak kesakitan.


http://beritajatim.com/gaya_hidup/230251/penampakan_mistis_sepur_maut_museum_brawijaya_malang.html#.VUH03SzRpkg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar