Senin, 11 Mei 2015

Tanjakan Gombel, Semarang










Dari Kota Semarang menuju ke arah Selatan ada sebuah jalan yang menanjak yang disebut dengan nama Tanjakan Gombel. Nama Tanjakan Gombel ini bukanlah sebuah nama yang didapatkan secara kebetulan. Ada sejarah dan cerita di balik nama Tanjakan Gombel ini. Jalan menanjak ini cukup terjal dan berbahaya bila para pengendara tidak berhati-hati pada saat berkendara. Terlebih lagi jalannya yang cukup berkelok-kelok membuat para pengendara harus tetap fokus mengendalikan kendaraannya.
Meskipun begitu, bila malam tiba, jalanan di sekitar Bukit Gombel seperti Tanjakan Gombel ini terlihat indah karena banyaknya lampu-lampu kendaraan dan perumahan yang kerlap-kerlip terlihat dari Tanjakan Gombel yang jauh lebih tinggi. Panorama malam yang sedap ini kemudian sering membuat para pengendara lalai dan terjadilah kecelakaan. 
Di balik keindahan pemandangan di Gombel, terdapat mitos yang berkembang di masyarakat bahwa masalah-masalah­ yang terjadi di kawasan Gombel berkaitan dengan hal gaib. Penduduk setempat percaya bahwa ada Wewe Gombel (hantu perempuan) dan makhluk lainya penunggu bukit.
Penduduk sekitar percaya, saat terjadi bencana longsor ataupun kecelakaan, makhluk-makhluk­ gaib tersebut sedang marah akibat daerah pertapaannya diganggu. Konon, di tanjakan Gombel ini sering terlihat hantu Wewe yang menggoda pengemudi kendaraan yang melintas.
Pada masa lalu, di tanjakan ini memang sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa maupun luka-luka. Kejadiannya mulai dari secara sengaja hantu mengenakan gaun rok panjang warna putih gading menabrakkan diri, menyeberang secara mendadak maupun melambaikan tangan di pinggir jalan menanjak itu.
Disebut Wewe gombel karena kejadian ini terjadi di daerah Gombel, Semarang. Jika kita berkendaraan dari arah Jatingaleh ke arah Banyumanik, maka akan terlihat jalan penyelamatan kecelakaan berbentuk tanjakan kecil naik sekitar 75 derajat berisi material pasir. Di titik itulah konon letak lokasi Wewe Gombel berada. Beberapa orang menyebutkan bahwa lokasi tersebut adalah lokasi kerajaan hantu
Namun penduduk setempat mempercayai bahwa kecelakaan tidak hanya murni karena kelalaian manusia saja, melainkan juga karena adanya makhluk gaib. Para penduduk setempat percaya bahwa ada wewe gombel dan makhluk gaib lainya yang menghuni kawasan Bukit Gombel ini. Dan para penduduk pun percaya bahwa ketika banjir atau longsor tiba, wewe gombel dan makhluk gaib lainnya sedang murka karena wilayah kekuasaannya digunakan tanpa izin. Tak sedikit pengendara memberikan kesaksian bahwa sebelum kecelakaan terjadi, pengendara melihat ada seorang wanita bergaun putih gading panjang dan berambut panjang sengaja menabrak dirinya sendiri ke arah motor atau mobil yang melintas. Atau konon kata sejumlah saksi mata yang pernah mengalami kejadian mistis di Tanjakan Gombel ini pernah melihat wanita yang dengan tiba-tiba menyeberang atau melambaikan tangan ke pengemudi kendaraan di Tanjakan Gombel. 
Selain cerita hantu wewe gombel yang begitu terkenal di kawasan Bukit Gombel ini, banyak warga yang berbagi kesaksiannya. Menurut warga, ada makhluk halus yang disebut genderuwo yang sering menampakan diri di pohon-pohon sekitar bukit tepatnya di sebelah Hotel Alam Indah. Umumnya korban kejahilan makhluk hitam besar berbulu banyak dan bermata merah menyala ini adalah para muda-mudi yang sedang berpacaran sembari menikmati indahnya view bukit yang kerlap-kerlip


http://www.ceritamu.com/cerita/Misteri-Wewe-Gombel-dan-Genderuwo-di-Tanjakan-Gombel-Semarang

4 komentar:

  1. Berdasarkan penelitian tahun berapa.cerita atau fakta

    BalasHapus
  2. Berdasarkan penelitian tahun berapa.cerita atau fakta

    BalasHapus
  3. fakta atau tidak nya cerita ini coba aja bukti' in sendiri.
    kalau di ceritakan dengan lisan belum tentu anda percaya.
    saya pribada percaya..!!

    BalasHapus
  4. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/5-jenis-makanan-ini-bantu-melegakan.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/kenali-4-tanda-tanda-pada-wajah-orang.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/bom-bunuh-diri-meledak-di-masjid.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/gunung-agung-meletus-29-ribu-jiwa.html
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus