Senin, 11 Mei 2015

Tanjakan Emen, Bandung














Ramainya pembicaraan tentang berita Tanjakan Emen yang ada di bandung ini, membuat kami berusaha untuk mencari hal hal mistis dan kejadian yang pernah terjadi di jalan yang disebut tanjakan emen tersebut. Rentetetan kejadian tabrakan di Tanjakan emen tersbut kami kumpulkan dan Cerita misteri yang dihubungkan dengan seringnya kecelakaan terjadi di tempat tersebut.
Ada dua versi mengapa jalan tanjakan tersebut di sebut sebagai tanjakan emen. sebutan tanjakan emen yang pertama, menurut cerita di kalangan warga, alkisah Emen dikenal sopir pemberani. Emen mengemudikan  oplet jurusan Bandung-Subang. Ia tewas kecelakaan di daerah itu saat mengangkut ikan asin dari Ciroyom Bandung menuju Subang, tahun 1964. Sahabat anehdidunia.com kendaraan yang disopiri Emen terbalik dan terbakar dan naas bagi Emen, dia terbakar hidup-hidup hingga tewas. Konon, saat itu, Emen dikenal sebagao satu-satunya sopir yang berani mengemudikan kendaraan pada malam hari.
"Setelah peristiwa itu, warga sekitar meyakini arwah Emen bergentayangan dan mengganggu para pengemudi yang berani melintas di daerah tersebut, terutama pada malam hari. Kejadian rem blong, bus tergelincir dan kendaraan terperosok kerap terjadi di jalur ini. Tak sedikit pula, sambungnya, terjadi peristiwa aneh seperti kendaraan tiba-tiba mogok, sopir atau penumpang kendaraan bermotor kesurupan saat melintasi Tanjakan Emen.
Versi yang kedua tentang asal usul "Tanjakan Emen" menyebutkan, nama tersebut mulai melekat saat ada seseorang bernama Emen menjadi korban tabrak lari di daerah itu. Kemudian, mayat Emen bukannya ditolong malah disembunyikan di rimbun pepohonan sekitar tanjakan tersebut. Tak diketahui kapan terjadi peristiwa tabrak lari tersebut. Namun, sejak saat itu, arwah Emen diyakini bergentayangan menuntut balas.
Meski memiliki dua versi, tapi menurut kepercayaan warga setempat, agar tak "diganggu", para pengemudi biasanya menyalakan sebatang rokok dan melemparkannya ke pinggir jalan. Itu sebagai simbol memberikan rokok kepada arwah Emen. Konon, dulunya, Emen amat gandrung merokok saat mengemudi. Penyebab seringnya kecelakaan diduga karena posisi tanjakannya cukup ekstrim. Kemiringan sekitar 45-50 derajat banyak dijumpai pengemudi sepanjang kurang lebih 2-3 kilometer perjalanan. Tanjakan ini juga memiliki tikungan tajam sehingga memaksa pengemudi untuk ekstra hati-hati. Perlu dicatat, di tanjakan Emen ada dua lajur menanjak yang memberi kesempatan bagi pengemudi berkonsentrasi menjaga laju kendaraannya, sedangkan satu lajur menurun pengemudi tetap harus hati-hati menjaga keseimbangan gas dan rem sehingga mobil tetap terkendali. Tanjakan Emen kabarnya sering memakan korban. Setiap tahunnya ada saja kecelakaan yang terjadi disana. Beberapa tahun sebelumnya juga pernah terjadi kecelakaan disana. Kira-kira 2 tahun lalu sebuah bus pariwisata Dian Mitra yang mengangkut 23 orang juga mengalami kecelakaan di tanjakan tersebut.
Seringnya kecelakaan terjadi karena kondisi jalan yang memiliki kemiringan sekitar 45-50 derajat banyak dijumpai pengemudi sepanjang kurang lebih 2-3 kilometer perjalanan. Tanjakan ini juga memiliki tikungan tajam sehingga memaksa pengemudi untuk ekstra hati-hati.
Namun beredar kabar di masyarakat bahwa Tanjakan Emen menyimpan misteri. Kabarnya, Tanjakan Emen diambil dari nama seseorang yang pernah menjadi korban tabrak lari di area tersebut, saat itulah arwah Pak Emen menuntut balas pada setiap pengendara yang pernah melakukan tabrak lari.
http://www.anehdidunia.com/2014/06/misteri-kecelakaan-tanjakan-emen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar